ORI : Mata Uang Pertama Indonesia

Posted by Kursikayu.com 1 komentar
ORI : Mata Uang Pertama Indonesia
ORI : Mata Uang Pertama Indonesia - ORI merupakan singkatan dari Oeang Repoeblik Indonesia, dikeluarkan mata uang Indonesia ini dilakukan setelah Indonesia merdeka, tujuan dikeluarkan ORI ini selain sebagai alat tukar yang sah di Indonesia juga merupakan lambang negara.
Dalam Sejarah Mata Uang Indonesia, ORI diterbit sebanyak tiga kali, pertama adalah ORI I, ORI II dan ORI II, dan III selain alat tukar dan lambang negara, ORI menjadi kebanggan yang mampu menggelorakan semangat juang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
Pada tulisan kali ini saya akan mamparkan tentang terbitnya ORI dan beberapa gambar ORI yang pernah beredar di Indonesia:
1. ORI 1
ORI 1 Merupakan Mata Uang Pertama di Republik Indonesia, ORI 1 pertama dikeluarkan dengan pecahan bernilai 1 sen, 5 sen, 10 sen, 1/2 rupiah, 1 rupiah, 5 rupiah, 10 rupiah, 100 rupiah pada tahun 1946 tepatnya pada 30 Oktober ditandatangani oleh A.A Maramis. Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi. ORI pertama dicetak Percetakan Canisius dengan desain sederhana dengan dua warna
2. ORI 2 (Tahun 1947)
ORI II hanya mempunyai 4 pecahan, yaitu 5, 10, 25 dan 100 rupiah. Tiga diantaranya yaitu pecahan 5, 10 dan 100 rupiah mempunyai bentuk yang sama dengan ORI I. Hanya pecahan 25 rupiah saja yang berbeda. Semua pecahan bertanggal Djokjakarta 1 Djanuari 1947 dan ditandatangani oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara.
Uang-uang seri ini tidak mempunyai pengaman yang baik, hanya kualitas kertas dan rahasia pada kode kontrol nomor seri saja yang membedakan apakah uang ini asli atau palsu.
3. ORI 3 (Tahun 1947)
Seri ORI III terdiri dari 7 jenis pecahan dari yang terkecil yaitu 1/2 rupiah sampai dengan yang terbesar yaitu 250 rupiah. Bertanggal Djokjakarta 26 Djuli 1947 dan ditandatangani oleh Mr. A.A. Maramis. Pada seri ini jugalah terdapat salah satu pecahan terlangka dari semua seri ORI yaitu pecahan 100 rupiah Maramis. Pecahan ini hanya bisa dikalahkan oleh pecahan 600 rupiah pada seri ORI IV.
Setelah ORI 3 maka Indonesia Mengeluarkan ORI 4 Pada Tahun 1948. jika anda berniat berburu uang kuno, mungkin ORI sebagai Mata Uang Pertama Indonesia bisa menjadi koleksi terbaik anda.